Jumat, 23 September 2016

Pengaruh Media Sosial Bagi Kehidupan Remaja



Pengaruh Media Sosial Bagi Kehidupan Remaja
            Dizaman sekarang ini, banyak sekali terobosan baru yang diciptakan oleh orang-orang kreatif. Tak hanya di dunia sains, di dunia informasipun banyak sekali kita temukan media-media baru yang telah diciptakan. Diantara media-media tersebut merupakan media-media yang memiliki pengaruh besar bagi kehidupan remaja contohnya yang dapat dilihat adalah dalam lingkup jejaring social banyak sekali aplikasi-aplikasi seperti faceboook, Instagram, twitter, blog, dan yang lagi menjamur dikalangan remaja saat ini adalah fenomena penggunaan vlog. Pada kenyataannya di zaman sekarang ini kehidupan remaja dan aplikasi jejaring social adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan remaja di saat sekarang ini seakan haus akan populritas dengan menggunakan media-media tersebut sebagai lahan untuk mempromosikan diri mereka, diantaranya ada yang menyalurkan bakatnya lewat media social bahkan sampai ada yang memposting kehidupan pribadi mereka di media social untuk menjadi komsumsi public.
            Hal ini tidak semata-mata berdasarkan rasa coba-coba atau sekedar keisengan melainkan banyak remaja melakukan ini untuk mencapai standart level tertentu dalam lingkungan pergaulan mereka. Banyak dari para remaja berpikiran ketika mereka telah banyak membuat sensasi di akun  jejaring social mereka maka semakin banyak orang yang akan mengenal mereka maka mereka akan disebut sebagai seorang yang memiliki tingkat popularitas dilingkungan mereka dan hal ini membuat mereka merasa telah berhasil mewujudkan apa yang mereka inginkan dalam hal popularitas meskipun kadang  banyak dari mereka yang tak menyesuaikan apa yang mereka posting dengan lingkungan kehidupan mereka.
            Fenomena yang ada disaat sekarang ini memperlihatkan dengan jelas bahwa para remaja tidak memilah-milah dulu apa yang akan mereka bagikan dilingkungan khalayak ramai. Banyak dari mereka yang sama sekali tidak berfikir kedepannya dampak apa yang akan dihasilkan dari sesuatu yang mereka posting. Sehingga tak jarang lebih banyak membawa pengaruh negative bagi kehidupan para  remaja itu sendiri.
            Dalam kasus ini remajapun tidak bisa disalahkan sepenuhnya melainkan butuh peran dari berbagai pihak seperti orang tua, keluarga, masyarakat, dan pemerintah untuk membimbing agar anak-anak remaja ini tidak salah dalam memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar